Langsung ke konten utama

Biarin Deh Capek, yang Penting Sehat



29 tahun tinggal di Depok, baru sadar hari ini kalo jalanan kota belimbing ini banyak yang nanjak, padahal biasanya kalau motoran rasanya landai-landai aja.

Ya, hari ini adalah kali pertama gue sepedaan, biasanya kalau olahraga paling renang aja (itupun jarang banget), karena yang gue pikirin renang kan di air, jadi sejuklah, nggak bakal capek, walaupun pada akhirnya gue tarik ucapan gue itu karena setelah berenang bawaannya cuma pengen tidur aja. Aseli capek.

Nah, balik lagi ke sepeda. Kenapa gue mutusin buat sepedaan? Hmmm.. Jadi begini ceritanya. Sebenernya udah lama gue pengen sepedaan, dari mulai beberapa temen rumah gue pada main sepeda (kira-kira 4-5 tahun yang lalu lah), tapi saat itu cuma pengen doang tapi uangnya malah dipake buat beli yang lain. Haha, biasa ABG, masih labil.

Abis itu sempet udah lupa tuh, karena temen-temen gue yang sepedaan udah jarang nongkrong bareng. Eh terus hampir setahun yang lalu deh kayaknya, beberapa temen kantor gue pada sepedaan juga, nah sempet muncul lagi tuh pengennya. Tapi pengeluaran gue terlalu banyak dan susah ngecaknya kalo mau beli sepeda. Yaudah nahan aja dulu, dan sempet ilang tuh pengennya.

Terus 2 bulan yang lalu kalo nggak salah, gue nongkrong sama kawan gue, bosen lah tuh kita. Terus dia bilang "ngeband aja nyok bel", saat itu posisi lagi ujan-ujan tipis. Yaudah gue iyain aja, terus kita ke studio deket situ, tapi tutup. Ah kayaknya terlalu panjang ini cerita ngebandnya. Pokoknya akhirnya hari itu kita ngeband dan setelah itu gue jadi pengen beli gitar deh. Gue bilang ke istri, jawabannya kaya nggak ngerestuin gitu, tapi secara nggak langsung. Tapi gue pengen banget beli gitar lah saat itu.

Lalu tiba-tiba, kira-kira pertengahan bulan Maret kemaren malem-malem di perjalanan pulang dari kantor ada temen gue yang WhatsApp kirim foto sepedanya. Emang sebelumnya gue pernah nanya ke temen gue yang sering sepedaan sama dia sepeda lamanya dia dijual nggak? Karena doi baru beli sepeda lagi. Jujur, gue nanya iseng doang itu. Terus gue tanya lah, dijual berapa duit? Disebut lah tuh harganya, dengan penuh percaya diri gue kasih liat istri gue. "Nih ditawarin sepeda, harganya xxx". Terus istri gue langsung jawab gini, "yaudah beli lah, gue lebih setuju lu beli sepeda daripada gitar".

Abis itu gue mikir, kayaknya udah saatnya gue hidup sehat, paling nggak ada olahraganya lah. Soalnya selama ini hampir nggak pernah olahraga, jalan aja males gue.

Akhirnya gue sikat deh tuh sepeda, kebetulan lagi ada rejeki, alhamdulillah. Dan gue buat komitmen, nih sepeda harus gue pake, paling nggak gue mikir belinya kaga murah ini, sayang kalo didiemin aja.

Jadi itulah yang menjadi latar belakang gue mulai sepedaan hari ini. Emang sepedaan lebih capek dari berenang menurut gue, malah paha gue sempet keram tadi, terus pas pulang lewat beberapa tanjakan gue tuntun tuh sepeda. Tapi gue mikir, mungkin ini karena baru pertama kali gue sepedaan. Sebelumnya olahraga aja gue nggak pernah, ya wajar ngalamin hal-hal itu.

Tapi banyak dukungan yang datang saat gue mutusin buat sepedaan, istri gue, nyokap gue, malah ada 2 orang temen gue yang nyamperin gue dari Bintaro dan Ciputat buat sepedaan di UI (karena deket rumah gue). Makasih ya No, Both.

Oh iya, gue sepedaan bukan karena mau kurus ya, tapi cuma mau sehat. Ngeri aja kalo nantinya ternyata asuransi kantor nggak ngover biaya pengobatan penyakit-penyakit orang kaya. Jangan sampe ya.

Yauds gitu ajalah ceritanya, biar aktif aja nih blog, sayang udah bayar domain. Haha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Andai Hari Itu Tak Pernah Ada

Pagi itu saya dan saudara kembar saya pergi ke sekolah seperti biasanya, tanpa ada firasat apapun. Memang saat itu kami memutuskan untuk tidak berpamitan dengan bapak karena beliau sedang terlelap dalam tidurnya. Ya, bapak sedang sakit, ia baru satu bulan pulang ke rumah setelah sempat cukup lama dirawat di rumah sakit. Beliau menderita penyakit komplikasi (ginjal, jantung, liver dan diabetes).

Awalnya beliau hanya menderita satu penyakit, yaitu ginjal. Tapi lama kelamaan merembet ke beberapa penyakit seperti yang sudah saya beri tahu di atas. Bapak sempat tidak sadarkan diri di rumah sakit (koma) dalam waktu yang cukup lama, saya kurang ingat berapa lama pastinya. Yang jelas sebelum dibolehkan pulang ke rumah, bapak sempat di rawat sekitar dua bulan. Akhirnya bapak boleh dibawa pulang dan berobat tradisional. Meskipun bapak masih harus bolak-balik rumah sakit untuk cuci darah.

Kembali di hari itu, setelah sekolah saya dan saudara kembar saya pulang ke rumah dengan santainya seperti b…

Selalu Ada yang Tak Perlu karena Sudah Semestinya Begitu

Selalu ada yang tumbuh dan layu
Selalu ada yang timbul dan tenggelam
Selalu ada yang terbit dan terbenam
Selalu ada yang muncul dan menghilang
Selalu ada yang lahir dan mati
Selalu ada yang datang dan pergi

Selalu ada perpisahan jika dimulai dari perkenalan...

Tak perlu ada yang ditakutkan
Tak perlu ada yang dirisaukan
Tak perlu ada yang digundahkan
Tak perlu ada yang disesalkan
Tak perlu ada yang dipojokkan
Tak perlu ada yang dibuat tidak nyaman

Karena sudah semestinya begitu.
Yang pergi biarlah pergi.
Selanjutnya, jalani seperti sebelum mereka yang pergi datang.
Karena sudah semestinya begitu.

Hidup akan terus berlanjut, karena.. sudah semestinya begitu!

Temanku Seorang Pecandu

Apa kalian punya teman yang merupakan seorang pecandu? Bagaimana sikap kalian ke orang itu? Jaga jarak? Tetep asik? Atau justru nggak mau kenal sama sekali?

Pada dasarnya kalian baru bisa mengambil sikap setelah kalian tau teman kalian itu adalah pecandu apa. Ya kan? Tapi kalo teman kalian kecanduan obat yang sama dengan si Jen ini, jangan coba-coba dekat dengan dia deh. Sumpah!

Jen. Dia adalah seorang perantau dari Wonogiri yang kemakan oleh hasutan kaum pemercaya "penak kerjo ning Jakarta, cepet sugih". Awal kenal sama dia gue selalu pengen ngakak kalo denger dia ngomong. Soalnya logat jawanya dia itu medok banget, tapi nggak tau biar dibilang gaul apa gimana dia ngomong dengan gaya anak gaul Jakarta.

"Hallo bero (bro), boleh kenalan bero (bro). Nama gua Jenarno, tapi elu panggil gua Jen aja bero (bro)." Kalimat pertama Jen saat ngajak gue kenalan.

"Oh iya, salam kenal. Gue Roby. Udah lama kerja di sini?" Gue tanggepin aja sambil basa basi.

"Wah, k…